Teknik Dasar Bola Basket Lengkap Beserta Penjelasannya

Selain sepak bola, cabang olahraga bola basket juga termasuk kedalam olahraga bola yang berkelompok terpopuler diseluruh negeri. Pasalnya pada pertandingan ini terdiri dari dua tim, dimana setiap regu akan terdiri dari 5 pemain basket yang semuanya memiliki tanggung jawab dan tujuan untuk memasukkan bola pada keranjang atau ring lawan guna mencetak angka.

Menurut beberapa sumber bahwasannya permainan bola basket ini lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan olahraga bola berkelompok lainnya, baik dalam segi penguasaan hingga teknik dasar bola basket yang mudah untuk dipelajari. Namun meskipun demikian, membangun sebuah kepercayaan pada tim merupakan aspek penting yang harus tercipta dalam sebuah cabang olahraga bola berkelompok, termasuk didalamnya adalah bola basket.

Setiap cabang olahraga tentunya memiliki teknik dasar yang berbeda-beda yang wajib dikuasai oleh seorang atlet supaya mampu menunjukkan permainan yang ciamik dan menjadi pemenang disetiap pertandingan. Tak terkecuali dengan olahraga bola basket, setiap atlet haruslah memahami teknik dasar basket yang benar dalam sebuah pembinaan dan pelatihan yang dilakukan secara berkala.

Teknik Dasar Bermain Bola Basket

Nah bagi Anda yang hendak bermain bola basket, kenali dan pelajari dengan seksama tentang teknik dasar bola basket yang baik dan benar. Hal ini tak lain adalah untuk menciptakan sebuah pertandingan yang menarik sekaligus mencetak angka sebanyak-banyaknya dalam ring lawan. Lantas apa sajakah teknik dasar bola basket? Berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

1. Cara Memegang Bola

Cara Memegang Bola Basket

Tak sedikit orang yang justru menyepelekan teknik memegang bola basket yang baik dan benar. Padahal teknik ini dapat membantu Anda untuk mengontrol bola sekaligus mempertahankannya dari serangan lawan yang sengaja ingin merebut bola basket dari genggaman Anda. Oleh karenanya dibutuhkan teknik khusus memegang bola supaya benar-benar tak terlepas dari control tangan Anda.

2. Melempar dan Menangkap (Passing dan Catching)

Setelah teknik memeng bola dikuasai dengan baik, maka teknik dasar bola basket selanjutnya adalah Passing dan Catching atau melempar dan menangkat. Dalam hal ini merujuk pada menerima serta memberi umpan kepada teman lain dalam satu regu. Oleh karenanya teknik ini akan berjalan lancar apabila tim basket yang tergabung sudah memiliki kerjasama yang baik dan solid.

Pasalnya ritme dalam permainan bola basket ini cenderung cepat, jadi supaya mampu mencetak point dalam jumlah yang banyak sesuai dengan waktu yang ditentukan tak heran jikalau semua pemain harus memiliki fokus yang penuh dengan konsentrasi tinggi untuk menerima umpan dan langsung menembakkannya ke ring lawan.

3. Menggiring Bola (Dribbling)

Menggiring Bola (Dribbling)

Dribbling atau menggiring bola merupakan sebuah gerakan membawa bola dengan cara memantul-mantulkannya di lantai menggunakan satu atau dua tangan secara bergantian sembari berlari atau setengah berlari ke arah ring.

Namun perlu Anda ketahui bahwasannya pada saat dribbling ada beberapa musuh yang mencoba merebut dan menghalau langkah Anda menuju ring untuk mencetak angka. Oleh karenanya pastikan bahwa tangan sudah mengontrol pergerakan bola dengan baik.

4. Pivot

Supaya bola tidak mudah direbut dari jangkauan Anda maka lakukanlah teknik dasar basket berikut ini. Pivot merupakan suatu teknik untuk menyelamatkan bola dengan cara memutar menggunakan satu kaki sedangkan kaki lainnya digunakan sebagai tumpuan dan poros.

Biasanya para pemain basket yang mulai tidak bisa menyelamatkan bola akan melakukan teknik ini sembari mengkombinasikan dengan gerakan lain. Seperti misalnya dribble, passing dan shooting.

5. Shooting

Shooting Basketball

Shooting atau menembak bola ke arah ring lawan merupakan gerakan inti pada teknik dasar basket untuk mencetak angka atau point. Tak melulu harus menggunakan dua tangan, jikalau Anda bisa menggunakannya dengan satu tangan justru akan nampak begitu sempurna. Nah setelah melakukan shooting maka akan menghasilkan jumlah poin tambahan 1, 2 atau 3 angka, tergantung bola yang dilemparkan masuk dalam ring atau tidak.

Bagaimana apakah Anda sudah mengetahui teknik dasar basket yang benar? Itulah pembahasan lengkap terkait teknik dasar bola basket yang dapat kami sampaikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *