5 Rukun Islam Lengkap Beserta Penjelasannya, Yuk Disimak!

Rukun Islam merupakan pondasi atas dasar dari seluruh ajaran agama Islam yang wajib diyakini oleh seulruh umat manusia pemeluk agama Islam. Tak hanya dijadikan sebagai dasar ajaran agama Islam semata, namun rukun Islam juga dijadikan sebagai pedoman dan patokan atas dasar pelaksanaan aspek di dalam kehidupan manusia khususnya umat muslim di seluruh penjuru dunia.

Sama seperti rukun iman yang mewajibkan seluruh umat muslim untuk mengimaninya sebagai bukti meyakini atas keesaan Allah SWT, rukun Islam juga menuntut semua muslim yang ada di penjuru dunia meyakini dan memegang teguh atas pilar-pilar yang termuat dalam rukun Islam. Bahkan Allah SWT mewajibkan seluruh umat beragama Islam melaksanakan rukun Islam ini.

Terlepas dari kesamaan atas keyakinannya, salah satu faktor yang menjadi pembeda atas dua rukun di dalam ajaran agama Islam ini adalah jumlah pilar serta makna yang terkandung dalam setiap pilarnya. Rukun iman terdiri dari 6 pilar, sedangkan rukun Islam hanya terdiri tasa 5 pilar dengan makna yang dalam dan berbeda-beda dari setiap aspek pilarnya.

Makna dari Rukun Islam yang Wajib Diketahui

Lantas apa saja kandungan makna dari rukun Islam dalam ajaran agama Islam ini? Nah untuk penjelasan lengkapnya mengenai kelima pilar rukun Islam tersebut dapat kami jabarkan pada penjelasan dibawah ini.

1. Mengucapkan dua kalimat syahadat

Rukun Islam

Syahadat merupakan dua kalimat persaksian seseorang bahwasannya telah memantapkan hati untuk masuk ke dalam Islam dan menjadi seorang muslim yang seutuhnya. Sejatinya agama Islam tidak menyulitkan hambanya untuk masuk dalam agama Islam, cukup dengan memantapkan hati untuk menjauhi segala larangan-Nya dan mematuhi ajaran-Nya yang didasari dengan niat yang tulus dan didampingi oleh beberapa saksi saja.

Bunyi kalimat syahadat itu sendiri ialah “Asyhadu An Laa Ilaaha Illallaah, Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasuulullaah” yang memiliki arti ” Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adlh utusan Allah”. Kaum muslim yang beribadah kepada selain Allah disebut dengan kafir, meskipun ia menyembah seorang Nabi atau Wali sekalipun. Kalimat syahadat ini wajib diucapkan ketika seorang masuk Islam.

2. Mendirikan sholat

Rukun Islam yang kedua ialah mendirikan sholat wajib lima waktu. Sholat bisa dibilang merupakan tiang dari sebuah agama Islam. Tanpa sholat suatu agama akan rubuh atau dengan kata lain imannya kurang kuat. Bahkan sejak anak memasuki usia dewasa pun seruan untuk sholat wajib lima waktu haruslah dilakukan. Tak tanggung-tanggung, sebagai orang tua kita diperkenankan untuk memukul anak apabila tidak mau mendirikan sholat lima waktu.

Sholat wajib lima waktu yang dimaksudkan ialah sholat subuh, dzuhur, ashar, magrib, dan isya. Selain kelima sholat tersebut ada lagi sholat sunnah yang bila dilakukan mendapatkan pahala tapi jika tidak juga tidak apa. Sholat sunah tersebut antara lain sholat dhuha, sholat tahajud, sholat witir, dan sejenisnya.

3. Menjalankan puasa di bulan Ramadhan

Rukun Islam Puasa

Berpuasa merupakan rukun Islam ketiga yang wajib umat muslim jalankan. Sama halnya dengan sholat, puasa inipun terbagi menjadi dua jenis yaitu puasa wajib dan puasa sunah. Puasa wajib haruslah dilakukan oleh umat muslim ketika memasuki bulan suci Ramadhan. Tujuan berpuasa ialah menahan hawa nafsu, baik itu dari hawa nafsu makan ataupun nafsu syahwat dan sejenisnya.

4. Mengeluarkan zakat

Umat Islam percaya bahwa sebagian dari harta kita ialah milik orang lain. Tak heran apabila setiap tahunnya umat Islam selalu mengadakan zakat yang diberikan kepada orang tidak mampu. Selain menjadi hak orang lain, mengeluarkan zakat juga sangat berguna untuk membersihkan harta kita. Dengan demikian, Allah akan senantiasa selalu melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita.

5. Naik haji bila mampu

Rukun Islam Haji

Rukun Islam yang terakhir ialah naik haji untuk yang sudah mampu. Haji merupakan bentuk ibadah yang dilakukan di ka’bah sekitar Makkah dan Madinah. Kegiatan yang dilakukan antara lain tawaf, lempar jumrah, berjalan dari bukit shafa ke bukit marwah dan beberapa kegiatan lain berdasar rukun haji yang telah ditentukan. Namun dikarenakan naik haji membutuhkan biaya yang tak sedikit, sehingga hukumnya sunnah bagi yang belum mampu melaksanakannya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai 5 rukun Islam lengkap beserta penjelasannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan keIslaman untuk Anda semua. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *