Beginilah Pengertian Kartu SD Beserta Fungsinya, Wajib Diketahui!

Sebagai user smartphone, tentu Anda sudah mengenal istilah SD Card. Ia adalah memori tempat Anda menyimpan data-data yang Anda kelola di dalam smartphone. SD Card bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan data program aplikasi sesuai konfigurasi media simpan yang telah tersedia pada smartphone Anda.

Media simpan ini begitu populer sehingga dengan mudah dapat Anda temui di toko-toko elektronik, toko komputer, dan toko smartphone. Bagi Anda yang merasakan era gadget seluler pemutar musik, ketika Android dan iOS masih merupakan barang mahal, tentu Anda pernah mengenal media simpan bernama MMC (Multi Media Card). SD Card mudah dibedakan dengan MMC melalui ukurannya yang lebih tebal.

Pengertian Kartu SD

Kartu SD atau lebih akrab kita mengenalnya dengan istilah SD Card, adalah sebuah format kartu memori flash. Akronim SD artinya Secure Digital. Kartu SD umum kita gunakan pada perangkat telepon seluler, smartphone, dan kamera digital.

Dikutip dari Jawara IT, Perusahaan pengembang awal Kartu SD ini adalah SanDisk, Toshiba, dan Panasonic berdasarkan kartu MMC yang sudah diproduksi sebelumnya. Bertiga, mereka mendirikan asosiasi dan perusahaan yang memiliki wewenang memberikan lisensi hak paten dan standar SD Card di pasaran. Faktor penting dari produk yang mereka usung ini adalah kebijakan ‘backward compatibility’. Dengan kebijakan tersebut, meskipun di pasaran beredar SD Card baru, semua SD Card tersebut harus dipastikan terlebih dahulu kompatibilitasnya dengan SD Card lama.

Standarisasi menjadi salah satu kelebihan SD Card yang membuatnya populer. Saat ini Asosiasi SD (SD Association / SDA) telah memiliki sekitar 1.000 perusahaan member. Termasuk di antaranya Hewlet-Packard, Motorola, NEC, Compaq, LG Electronics, Samsung, Sharp, dan masih banyak lagi.

Ada tiga (3) jenis SD Card yang beredar di pasaran elektronik komputer dan smartphone, mereka adalah SDSC, SDHC, dan SDXC, dari ketiga jenis SD Card tersebut dibuat dua (2) varian tambahan disamping SD Card standar, yaitu miniSD dan microSD. Penjelasannya akan kita bahas pada bagian fungsi Kartu SD.

Fungsi Kartu SD

Kegunaan utama SD Card adalah sebagai media simpan standar pada perangkat elektronik. SD Card begitu umumnya digunakan pada perangkat smartphone, dimana ia dapat dimanfaatkan sebagai media simpan utama atau media simpan tambahan sesuai pengaturan pemiliknya. SD Card dibuat dalam berbagai versi dan varian.

Secara umum, pada dasarnya ada tiga macam SD Card yang saat ini bisa Anda dapatkan di pasaran saat ini, yaitu sebagai berikut.

  1. SDSC (Secure Digital Standard Capacity)
    Merupakan tipe SD Card pertama, pada tipe ini memiliki kapasitas maksimal 4 GB serta menggunakan file system FAT16. File system dapat dengan mudah Anda konfigurasi menggunakan Windows versi lama maupun baru, baik melalui menu Disk Management maupun melalui Command Prompt.
  2. SDHC (Secure Digital High Capacity)
    Merupakan tipe yang lebih baru, SDHC dirilis pada 2006, pada tipe ini kapasitas SD Card mampu mengusung kapasitas maksimal 32 GB menggunakan file system FAT32. File system FAT32 dapat dengan mudah Anda kelola menggunakan Windows versi WindowsXP dan yang lebih update lagi, baik melalui menu Disk Management maupun melalui Command Prompt.
  3. SDXC (Secure Digital eXtended Capacity)
    Merupakan versi terbaru dari tipe SD Card, ia sudah menggunakan teknologi file system exFAT, merupakan standar file system terbaru saat ini yang juga digunakan pada Windows versi Windows 8 dan Windows 10, sehingga jika Anda pengguna salah satu sistem operasi tersebut Anda akan mudah mengelola SD Card tipe ini. Bila Anda ingin megelola SDXC pada Windows versi 7 ke bawah, Anda akan membutuhkan aplikasi third-party, yaitu semacam program pengelola partisi karena Windows versi lama belum memberikan dukungan terhadap file system exFAT.

Ketiga jenis SD Card tersebut dirilis dalam beberapa varian, di samping varian standar. Yang umum beredar di pasaran adalah miniSD dan microSD. Tidak ada perbedaan mendasar di antara varian-varian tersebut kecuali dalam ukuran fisiknya saja yang lebih kecil. MicroSD sudah digunakan pada lebih dari 400 merek produk yang dianggap sebagai standar industri.

Sampai tahun 2017, pengembangan teknologi microSD buatan SanDisk baru mencapai 400 GB. Produsen baru bernama Integral telah merilis microSD dengan kapasitas 512 GB pada Februari 2018, mereka mengklaim bahwa ini adalah kapasitas microSD terbesar saat ini. Dari sisi harga, microSD SanDisk 400 GB dibanderol dengan harga 249.99 dolar AS (sekitar Rp 3,1 juta), maka untuk kapasitas 512 GB akan lebih mahal dari itu.

Selain miniSD dan microSD, ada varian lain yang bagi beberapa orang menggunakan teknlogi yang tidak lazim, misalnya smartSD, FlashAIR, dan SD Card dengan dua (2) tipe colokan SD dan USB.

SmartSD merupakan microSD yang mengandung fitur smart berupa fitur keamanan dan NFC. NFC adalah akronim dari Near Field Communication yang cara kerjanya menciptakan komunikasi antara dua (2) perangkat yang saling didekatkan pada jarak beberapa cm (sentimeter) saja. Cara kerja NFC hampir mirip dengan cara kerja Bluetooth.

FlashAIR yaitu SD Card yang dilengkapi dengan adapter wireless LAN, dengan SD Card jenis ini Anda bisa mentransfer file langsung melalui jaringan WiFi, dua merek yang sudah membuat SD Card tipe ini adalah SanDisk dan Transcend.

Faktor yang lain yang perlu diperhatikan mengenai SD Card adalah speed class rating. Pembagian speed class rating dikelompokkan berdasarkan kecepatan transfer data minimumnya. Cara membaca speed class rating cukup mudah, contohnya Class 2 artinya SD Card tersebut memiliki kecepatan transfer minimum 2 MB/s, Class6 artinya 6 MB/s, dan seterusnya.

Berbeda perangkat elektronik berbeda pula kebutuhan kecepatan transfer datanya. Berikut ini adalah jenis-jenis speed class rating SD Card yang dengan mudah kita temui di pasaran saat ini.

  1. Class 2, dengan kecepatan 2 MB/s, bagus untuk merekam video
  2. Class 4, dengan kecepatan 4 MB/s, bagus untuk merekan video HD 720p
  3. Class 6, dengan kecepatan 6 MB/s, bagus untuk merekan video HD 720p
  4. Class 10, dengan kecepatan 10 MB/s, bagus untuk merekan video HD 1080p
  5. UHS Speed Class 1 (U1), dengan kecepatan 10 MB/s, bagus untuk merekan dan mengirim video secara live
  6. UHS Speed Class 3 (U3), dengan kecepatan 30 MB/s, bagus untuk merekan video 4K

Penutup

Dengan semakin bervariasinya perangkat yang memerlukan SD Card, maka kebutuhan SD Card semakin meningkat. Anda sebagai pengguna harus jeli dan teliti sebelum memilih SD Card yang akan Anda gunakan pada perangkat Anda. Sesuaikan kapasitas, jenis, dan varian sesuai perangkat Anda, bekalilah pengetahuan yang cukup mengenai kebutuhan dan kemampuan perangkat yang Anda gunakan sebelum Anda memilih suatu SD Card, usahakan jangan sampai salah pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *