4 Fungsi Utama CPU pada Komputer / Laptop yang Perlu Anda Ketahui

Central Processing Unit atau yang lebih akrab disebut CPU ini adalah suatu perangkat keras dari komputer yang memiliki tugas untuk melaksanakan perintah dan menerima perintah data dari perangkat lunak atau software. Hal itu dikarenakan CPU uang merupakan sebuah pusat pengolahan data di dalam sebuah komputer. CPU juga biasanya sering disebut dengan processor. Kualitas dari sebuah CPU akan menentukan cepat atau lambatnya kinerja dari sebuah komputer yang digunakan.

CPU pun sering juga disebut debagai otak dari sebuah komputer, karena CPU juga bertugas untuk mengatur semua aktifitas yang ada didalam sebuah komputer. Tidak hanya itu, CPU juga mengatur jalannya semua program termasuk software atau perangkat lunak yang ada di dalam komputer. Maka dari itu, semua urusan yang ada pada proses didalam komputer akan selalu diatur oleh sebuah CPU, baik itu masalah berat maupun masalah sepele.

fungsi CPU

Sebagai contoh agar Anda memahami kinerja dari sebuah CPU yaitu apabila Anda ingin membuka sebuah aplikasi seperti Google Chrome, maka sesaat kemudan akan muncul laman awal pada Google Chrome tersebut. Nah, pada kasus tersebut, peran CPU lah yang paling penting, karena CPU yang akan membuat laman Chrome tersebut bisa muncul pada komputer. Maka dari itu, tanpa adanya sebuah CPU, komputer tidak akan bisa bekerja secara normal dan kita juga tidak bisa menjalankan setiap program yang ada di dalam sebuah komputer.

Hal itu juga yang membuat CPU sering disebut sebagai Processor. Dan pada saat Anda ingin membeli sebuah komputer atau laptop dan Anda membaca sebuah spesifikasi yang ditampilkan pada sebuah laptop, maka sebenarnya Anda sedang membaca sebuah spesifikasi dari CPU pada perangkat tersebut.

Sama seperti perangkat keras dari sebuah komputer, CPU juga memiliki fungsi yang dapat bermanfaat dalam kelancaran menggunakan komputer, Apa sajakah fungsi-fungsi dari sebuah komputer ? Berikut fungsi-fungsi dari sebuah CPU pada komputer.

1. Decoding

decoding

Decoding adalah sebuah proses penerjemahan sebuah program ke dalam sebuah bahasa yang lebih dimengerti oleh sebuah mesin. Nah, dalam sebuah sistem CPU, sebuah program akan di jalankan atau dieksekusi. Maka dari itu, program tersebut harus sesuai dengan kode dari instrukksi yang nantinya bisa diterjemahkan supaya CPU bisa mengenalinya dalam sebuah kode instruksi berupa biner.

Decoding tersebut terjadi pada CPU dan seluruh program yang sedang berjalan didalam sebuah perangkat komputer tersebut haruslah melalui proses dari decoding terlebih dahulu.

2. Storing

storing

Storing yang biasa disebut sebagai menyimpan data adalah sebuah fungsi dari sebuah CPU atau Central Processing Unit. Storing memungkinkan setiap orang yang menggunakan sebuah komputer dapat menyimpan data mereka pada suatu tempat. Maka dari itu, komputer harus memiliki sebuah perangkat yang dapat menyimpan data tersebut secara permanen maupun secara sementara.

Untuk melakukan penyimpanan data secara permanen maupun sementara, maka komputer harus memiliki CPU. Dan apabila Anda membutuhkan sebuah data dengan cepat dan kemudian dapat menyimpannya secara sementara, maka CPU akan bertugas untuk menyimpannya di dalam sebuah RAM. Sedangkan apabila Anda ingin menyimpan sebuah data secara permanen, maka data tersebut akan memasukkannya ke dalam sebuah harddisk. Seluruh kendali dan apa yang dilakukan oleh kedua fungsi tersebut ditangani oleh CPU secara keseluruhan.

3. Fetching

Fetching

Fetching juga merupakan salah satu fungsi di dalam sebuah CPU. Istilah Fetching ini sangat akrab di bidang ilmu komputer, dan dapat diartikan sebagai proses-proses pemanggilan atau pengambilan sebuah data. Sebuah data tersebut akan disimpan ke dalam sebuah harddisk pada CPU menggunakan sebuah alamat.

Data-data yang berada di dalam sebuah CPU atau processor tersebut akan disusun ke dalam kumpulan alamat dan apabila sebuah program tersebut dijalankan oleh CPU, maka CPU tersebut akan mengambil sebuah data dari sebuah alamat yang telah tersimpan dalam komponennya tersebut.

4. Executing

Executing

Pada sebuah program yang akan dijalankan, maka CPU tersebut akan mengeksekusi program. Hal ini dimaksudkan CPU akan terus melakukan suatu hal yaitu melakukan sebuah perhitungan atau kalkulasi dengan menggunakan sebuah komponen yang ada di dalamnya yang sering disebut dengan Arithmetical Logical Unit atau ALU.

ALU merupakan sebuah komponen yang bertanggung jawab akan semua proses dari perhitungan logika dan matematika yang ada di dalam komputer. Selain sebuah fungsi eksekusi dari sebuah CPU, hal itu juga berarti sebagai proses pemindahan pada suatu data dari sebuah perangkat memori ke perangkat memori yang lainnya.

Untuk dapat menjalankan seluruh fungsi-fungsi diatas, CPU tidak hanya mengandalkan sebuah perangkat processor tetapi juga mengandalkan beberapa dari perangkat lainnya seperti harddisk, RAM, Sound Card, motherboard, Floppy drive, VGA Card, USB port, dan lain-lain. Semua bagian itu akan tersusun dengan baik dan saling terhubung satu sama lainnya. Maka dari itu, apabila sebuah CPU semakin cepat bekerja, maka akan semakin baik pula performanya.

Kecepatan dari sebuah CPU dapat diukur menggunakan satuan ukuran Hertz, itu berarti satu operasi perdetiknya. Dan ukuran dari sebuah CPU tersebut sering ditulis menggunakan satuan GHz atau kita sebut dengan GIga Hertz. Ukuran 1 GHz tersebut bisa diartikan sebagai sebuah kecepatan CPU dalam melakukan satu juta operasi di dalam sebuah komputer.

Demikianlah beberapa fungsi-fungsi dari sebuah CPU yang terdapat di dalam sebuah komputer, dengan artikel diatas diharapkan Anda menjadi semakin tahu dan paham mengenai sebuah CPU beserta dengan fungsi-fungsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *