Contoh Kalimat Majemuk Campuran yang Baik dan Benar

Sesuai dengan namanya, kalimat majemuk ini memiliki makna yang berarti banyak atau lebih dari satu. Dalam hal ini yang dimaksud banyak dan lebih dari satu adalah tendensi pola yang digunakan dalam merangkai sepenggal kalimat. Biasanya kalimat majemuk ini selalu ditandai dengan adanya induk kalimat serta anak kalimat dalam klausa yang terbuat.

Kalimat majemuk ini masih terbagi atas beberapa bagian kembali dimana setiap masing-masingnya terbentuk dari beberapa tendensi kalimat yang berbeda. Seperti misalnya kalimat majemuk setara kalimat majemuk bertingkat hingga kalimat majemuk campuran. Namun pada kesempatan kali ini kami ingin berbagai informasi seputar contoh kalimat mejemuk campuran terlebih dahulu.

Perlu Anda garis bawahi bahwa kalimat majemuk campuran ini terdiri dari gabungan kalimat mejemuk setara dan kalimat mejemuk bertingkat yang membentuk satu klausa yang memunculkan kalimat majemuk campuran. Contoh kalimat mejemuk campuran ini setidaknya terdiri dari tiga kalimat tunggal dimana diantara 1 atau dua klausa menjadi induk kalimat.

Nah bagi yang belum mengetahui akan bentuk kalimat majemuk bertingkat, barangkali artikel mengenai contoh kalimat mejemuk campuran dibawah ini dapat membantu Anda membedakan sekaligus memberikan ciri-ciri khusus mengenai kalimat majemuk campuran.

Contoh Kalimat Majemuk Campuran

Perlu pembaca diketahui bahwa contoh kalimat ini setidaknya terdiri dari 3 kalimat tunggal dimana klausa pertama atau klausa kedua menjadi induk dari kalimat yang terbuat. Untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh kami juga menyertakan contoh kalimat mejemuk campuran seperti dibawah ini.

“Mereka sedang mengikuti acara musyawarah adat yang dihadiri pula oleh Bupati dan disponsori oleh perusahaan REA Kalimantan Timur”

Klausa tersebut diatas merupakan kalimat mejemuk campuran dimana inti pokok atau induk kalimatnya terletak pada informasi terkait acara yang sedang diikuti oleh masyarakat yang dimaksud. Nah kemudian disusul lagi dengan isi klausa kedua dimana peran klausa ini sebagai anak kalimat untuk pengembangan dari klausa utama tersebut.

Ciri-Ciri Kalimat Majemuk Campuran

Mengutip dari contoh kalimat mejemuk campuran tersebut datas dapat ditarik kesimpulan bahwasannya kalimat majemuk campuran ini memiliki ciri-ciri khusus yang menjadi pembeda antara jenis kalimat satu dengan lainnya. Lalu apa saja ciri-ciri kalimat mejemuk campuran yang bisa menjadi pertanda khusus? Berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

  1. Biasanya kalimat majemuk campuran ini hadir dengan tiga atau lebih klausa tunggal dalam setiap tendensi yang terbuat. Nah tiga klausa atau lebih tersebut memiliki peran yang berbeda dimana sebagian klausa berperan sebagai induk kalimat atau inti pokok dari kalimat yang terbuat. Sedangkan klausa lainnya memiliki peran sebagai anak kalimat yang bertujuan untuk pengembangan klausa utama yang terbuat.
  2. Tak hanya terdiri dari 3 atau lebih klausa saja, namun contoh kalimat mejemuk campuran ini biasanya juga ditandai dengan adanya 2 atau lebih kata penghubung. Dimana keberadaan kata penghubung tersebut digunakan untuk menghubungkan antara klausa satu dengan klausa lainnya sehingga membentuk kalimat majemuk campuran yang sempurna.
  3. Setiap klausa yang menyusun tendensi kalimat memiliki korelasi disetiap kalimatnya yang terdiri dari tingkatan yang sama atau setara dan tingkatan yang berbeda atau bertingkat. Oleh karenanya tak heran jikalau banyak sekali orang yang menyebut kalimat majemuk campuran ini terdiri dari kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat.

Jenis-Jenis Kalimat Majemuk Campuran

Jikalau merujuk dari pola klausanya, sebenarnya kalimat mejemuk campuran ini terbagi lagi menjadi 2 bagian yaitu kalimat mejemuk campuran dengan 1 induk kalimat dan 2 anak kalimat serta kalimat majemuk campuran dengan 2 induk kalimat dan 1 anak kalimat. Sesuai dengan namanya dimana masing-masing jenis pada kalimat mejemuk campuran ini terbentuk dari jumlah induk kalimat dan anak kalimat yang berbeda-beda.

Bagaimana apakah Anda sudah mengetahui contoh kalimat mejemuk campuran serta mengetahui ciri-cirinya? Nah demikianlah tadi penjelasan seputar contoh kalimat mejemuk campuran lengkap dengan ciri-ciri serta jenisnya yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda mengenai kalimat majemuk. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *